Tuesday, January 29, 2013

ERDMAN HALL DORMITORIES DAN KIMBELL MUSEUM COMMENTARY

Erdman Hall Dormitories - Louis I. Kahn

Bangunan ini terletak didaerah sub urban sebagai asrama khusus untuk para putri.Asrama ini berupa bangunan besar yang dapat menampung sekitar150 orang. Rencana struktur bangunan berupa beton bertulang yang bagian dalamnya difinishing dengan plester.,  Pada dinding di berikan atap yang dapat memberikan cahaya alami.Ruang individu untuk para pelajar dibuat per tiga meter persegi saling berhubungan satu sama lain pada bagian sisi Konstruksi memuat beton bertulang pada bagian luar dengan blok cinder dengan finising bagian luar diplester. Erdman Hall Dormitories, Bryn Mawr College di Philladelphia ( 1962 ).

Bangunan ini belum selesai ketika arsiteknya meninggal. Bentuk dan susunan unitnya cukup unik, tidak seperti gedung - gedung pada umumnya. Terdiri dari tiga unit berdenah bujur sangkar berderet diagonal dan berhubungan pada sudutnya. Bagian dalam dari masing - masing unit kosong digunakan untuk tangga dan hall atau ruang duduk. Kamar - kamar berderet pada sisi sehingga semua mempunyai pandangan ke arah luar. Struktur utama pada dinding kembali menggunakan material beton expose, demikian pula atapnya yang datar, dalam hal ini menggunakan grid system yaitu kotak - kotak yang dibentuk oleh balok disusun seperti jaringan dengan jarak dan ukuran yang sama.

Pada pusat ruang dibentuk dari empat  bagian yang menimbulkan cahaya alami yang  masuk kedalam. Dinding memuat ruangan bantuan yang secara langsung berhubungan dengan penyediaan kamar tidur. Sisi yang terdiri  tangga, balkon, dan pada jalan terusan terdapat skylight.

Pemikiran Louis I Kahn
"Alam tidak membuat sebuah seni”. Hanya manusia yang membuat seni. Sebab manusia memilih dan menemukan. Ia dapat membuat pintu yang lebih kecil dari ukuran manusia sesungguhnya. dan langit dapat menjadi hitam dalam sekejap jika ia menghendakinya.Ia dapat membawa secara bersama-sama antara gunung, ular dan anak." Ruang adalah sebuah karya arsitektur manakala bukti bagaimana ruang tersebut dibuat dapat dilihat dan dimengerti." Aku percaya dengan yakin bahwa kita akan menjadi lebih  disesuaikan lagi dengan kualitas yang ada di dalam ruang yang  kualitasnya yang melebihi keadaan dan fungsi."


Kimbell Museum Commentary - Louis I. Kahn

Kimbell Art Museum oleh Louis Kahn juga merupakan disiplin, koheren dan visualisasi pernyataan yang jelas, tapi estetika disini diambil lebih secara klasik yang diorentasikan dari pemikiran sang arsitek.
Bangunan ini memiliki kekerasan tapi juga kesederhanaan yang muncul dari pengulangan bentuk seperti kubah, pencahayaan yang tidak terlalu terang dan keindahan artikulasi struktur rangka beton dengan dinding papan infill dari travertine. Gaya klasiknya di tampilkan secara terus-menerus dengan pemakaian material dan detail. Interiornya bermandikan cahaya diffus alami yang masuk dan direfleksikan ke bawah lengkungan kubah. Berdasarkan bangunan ini Louis Kahn dapat dikatakan sebagai yang terbaik diantara para arsitek abad ini yang mengilustrasikan ekspresi kejujuran dan intergritas dalam koordinasi material dengan visi arsitektural secara keseluruhan.

Kimbell Art Museum Louis Kahn di Fort Worth merupakan masterpiece dalam hal ini. Suatu survey dari beberapa studi bangunan mendemonstrasikan kepedulian agar “sehat” yang hanya dapat di bandingkan dengan kesempurnaan klasik, terutama Yunani klasik. Kahn meletakkan penggunaan peralatan dan mesin pada akhir arsitektonik yang mewah dengan merancang bangunan dengan komposisi bagian yang bekerja secara harmoni dengan semuanya. Tidak ada bangunan Kahn yang tidak memberikan bukti-bukti akan kejeniusannya dalam penggunaan material. Dia telah mencapai kesempurnaan dalam bangunan dengan biaya seminimal mungkin.

No comments:

Post a Comment