Saturday, January 26, 2013

PARADOKS DAN METAFISIKA DALAM DUNIA ARSITEKTUR

Beberapa pengertian tentang Paradoks:
Mempertentangkan sesuatu dengan seuatu yang lain yang sudah kita ketahui untuk menghasilkan sesuatu yang lain. Suatu jalur kreatifitas yang menuntut disiplin, artikulasi, dan pengetahuan yang extra tinggi bagi mereka yang menjalaninya. Paradoks digunakan dalam arsitektur sebagai suatu cara untuk memproses ide/gagasan dan menggambarkan suatu pemikiran yang kritis, hasilnya adalah kreatifitas dalam menemukan alternatif2 pemecahan masalah dan berbeda dari konsep pemikiran lainnya. Pernyataan yang paradoksial membuka sebuah rangkaian gagasan berdasarkan pandangan terhadap atau tentang pengetahuan dan kebenaran yang jujur dari orang yang menyatakannya. Paradoks adalah sebuah pernyataan yang nampaknya kontradiktif, dan menyatakan 2 hal yang berbeda, tapi mengandung kebenaran yang tinggi.

Berpikir paradoks seorang arsitek dengan menghargai masyarakat pemakai bangunannya, memahami masyarakat yang dilayaninya, pemikiran, perasaan, jiwa, tradisi, serta budaya mereka, menelusuri dan menemukan akar primordial masyarakat tsb, dan mempelajari kerangka metafisikanya.

Satu situasi atau pernyataan yang melawan diri sendiri (saling berlawanan) Pada beberapa kasus diimplikasikan bahwa pemahaman yang lebih baik untuk mengungkapkan bahwa kontradiksi itu hanya nyata kelihatan. (Psikologi J.P. Caplin). Contoh:
Perasaan dingin yang dirasakan apabila satu objek yang panas nya setinggi 43 c justru memberikan satu berkas yang dingin.

Adapun tujuan dari ber-Paradoks adalah untuk menciptakan masalah bukan untuk memecahkan masalah yang mana tujuan akhhirnya adalah untuk memperbaiki desain dari sesuatu yang lain, sehingga dapat menghargai pemakai,memahami masyarakat yang dilayani, juga menelusuri /mempelajari kerangka dari metafisika. Diperlukan pendidikan, pengetahuan, wawasan, kerja keras, bakat, ketekunan untuk mewujudkannya. Dengan Paradox dan metafisika dapat membangun sesuatu kekuatan bagi terciptanya kreatifitas Arsitektural. Kalau dilihat sekilas Paradox adalah sesutu yang bertentangan padahal tidak sama sekali. contoh dari Paradoks hidup VS mati, surga VS neraka.

Beberapa pengertian tentang Metafisika
Metafisika adalah sesautu yang tidak  diketahui dengan mempertimbangan apapun yang ada dibalik fisiknya atau diluar dari jangkauan ilmu pengetahuan dan keterbatasa logika.

Metapsychics (metapsikika) ;
Studi mengenai gejala super normal, manifestasi-manifestasi spiritual,   clairvoyance, telepati,dll (kamus psikologi J.P. Caplin) Metafisika sering digunakan atau dipakai  oleh golongan Filosop, para ahli
non filosop, aliran spiritual: pesulap,dukun. Konsep nya adalah konsep dari “ tak terbatas” dan “Tuhan”. Kalau para filosop beranggapan “menggap dengan bermetafisika sesuatu tidak bisa dicapai/tidak ada kesimpulan” tetapi para aliran spiritual tersebut telah mencapai atau mendapatkan sesuatu.

Pertimbangan logika akan ruang dan waktu adalah topik utama dari metafisika, sehingga dapat dikatakan awal yang abdi. Disini kita dituntun dalam perancangan yaitu memulai nya dari sesuatu yang tidak diketahui  untuk mendapatkan apa saja yang ada dibali sana yaitu dengan kretifitas,perhatian bhkan pengorbana dan sifat kritis. Sehingga akan mengembangkan sesuatu dunia baru.

No comments:

Post a Comment