Saturday, February 2, 2013

ARSITEK DUNIA: LOUIS I. KHAN

Salah satu arsitek terkenal dunia yang berpengaruh pada pertengahan abad ke-20, Louis I Kahn berasal dari Philadelphia, dan memulai pengalamannya sebagai guru dan praktisi yang berlanjut sampai mempengaruhi bagian komunitas arsitektur abad ke-21. Kahn lahir di Estonia, putra dari Bertha Mendelson dan Leopold Kahn dan berimigrasi ke Philadelphia tahun 1906. Seperti orang-orang seusianya, Kahn memulai belajar arsitektur pada Central High School dan satu kelas bersama Norman N. Rice dan melanjutkan pendidikan arsitekturnya di Universitas of Pennsylvania. Kahn mendapatkan B.Arch ditahun 1924, memenangkan medali perunggu di Artur Spayd Brooke Memorial Prize dengan rekannya Paul P. Cret sebagai pengkritik studionya.
    Ketika ia masih menjadi mahasiswa, Kahn telah bekerja di kantor kota sebagai ‘draftman’ musim panas bersama Hoffman-Henon Co. untuk orang yang mempekerjakannya di tahun 1921 dan Hewitt & Ash sementara ia masih bekerja. Setelah menamatkan kuliahnya Kahn bekerja di The Office of City Architect, John Molitor, sebagai seorang draftman yang berpengalaman (walaupun disitu telah mempekerjakan Rice, ia bekerja merancang bangunan Sesquicentennial building ditahun 1926. Kahn kemudian kembali dipanggil pada posisinya sebagai ‘chief designer’ pada kantor Molitor, tetapi posisi ini sebenarnya telah diisi oleh W.J.Stutpen. Ia meninggalkan kantor Molitor tak lama setelah ia menyelesaikan proyek gedung pameran dan bergabung pada Pratice of Theater Designer.
    Tahun 1928, Kahn pergi menuju eropa untuk berkeliling melihat arsitektur yang ada disana, dia belajar dari jauh dan mengasah kemampuannya sebagai seorang ‘renderer’. Dia berjalan dari utara eropa menuju Italia, mengunjungi Norman Rice di Paris tetapi tidak tertarik dengan ekspresi partikularnya Le Corbusier ketika Norman Rice mempekerjakannya.
    Kahn kembali ke Philadelphia di tahun 1929. Janda dari Esther, Nee Israeli, yang kemudian dipanggil, bersama-sama membuat rencana sebelum kedatangannya untuk membangun hubungan bermitra dengan arsitek lainnya yang telah meninggal sebelum Kahn kembali ke kotanya. Dia teringat kembali pada beberapa arsitek, Sydney C. Jelinek di Central High School, University of Pennsylvania dan Willyam H. Lee yang belum meninggal sampai tahun 1979. Kahn tidak pernah menjalin hubungan mitra dengan yang lain sampai ia kembali walaupun begitu ia pernah bekerja di Cret office sebagai desainer, turut serta juga dalam proyek Folger Shakespere Library. Sementara ia bekerja, Kahn tetap menikah tahun 1930. Cret tidak dapat mempertahankan Kahn untuk tetap bekerja padanya tetapi tetap membantunya mencari posisi yang tepat bagi Kahn sebagai desainer pada Zantzinger, Borie & Medary pada akhir tahun itu.
    Dia bekerja di kantor tersebut sampai awal 1932, ikut serta dalam proyek gedung The U.S. Department of Justice di Washington D.C. Diawal tahun 1932 Kahn dan Dominique Berninger membentuk sebuah wadah perkumpulan yang penting untuk arsitektur modern di Philladelphia, Arsitektural Research Group (ARG). Para anggota dari asosiasi bebas tersebut tertarik pada kedua perkembangan sosial masyarakat dan perincian gaya baru dari desainer-desainer eropa. Sepanjang proyek mereka belum dibangun yang direncanakan bagi rumah tinggal di presentasikan kepada Public Works Administration. Salah satu dari anggota ARG telah menjadi Solis Kopelan yang telah dibentuk oleh Kahn. Esther Kahn kemudian kembali memperhitungkan pada sejarahwan David B. Brownlee yang Kahn & Kopelan telah bangun untuk mengejar pekerjaan proyek yang komersil.
Saat ARG dibubarkan tahun 1933, kemajuan grup perumahan akan mengingatkan pada inti dari pekerjaan Kahn di tahun 1950 kemudian. Proyek-proyek ini diselesaikan oleh asosiasi dengan beberapa rekan lainnya dari arsitek Philadelphia termasuk Kenneth M. Day.
    Setelah pembubaran ARG, Kahn bekerja pada The Philadelphia City Planing Commision sebagai kepala pekerja. Dia kemudian bekerja di Federal Goverment’s Resettlement Administration, dan telah menjadi konsultan di The Philadelphia Housing Authority.
    Kahn memulai karier mengajarnya di Yale University tahun 1947. Di tahun 1950 dia dinominasikan pada American Academy di Roma dan menghabiskan 9 bulan berharganya untuk berkeliling eropa, mengumpulkan beberapa pelajaran penting tentang monumental, pencahayaan dan bentuk dari beberapa bangunan lama/bersejarah serta sitenya.
    Ketika kembali, ia menerima posisi penting pada Yale Art Galery, ia mendapat beberapa pengaruh dari Howe, orang yang telah menerima posisi sebagai Dekan di Yale Art Galery pada tahun 1950. Di tahun 1955, Kahn kembali ke University Of Pennsilvania sebagai pengajar/dosen dan juga sebagai desainer pada The Alfred Newtown Richards Medical Laboratories, dengan pendekatan pengenalan sebagai penunjuk modern dengan pernyataan yang minimalis dari pengaruh International Style berupa ruang umum dan besi berbentuk prisma dan kaca besar. Ini merupakan Aliran modern yang baru yang kemudian diterapkan di The Philadelphia School dengan Kahn sebagai pelopornya.

No comments:

Post a Comment